Senin, 21 Januari 2013

Rumah Ramah Lingkungan

Apakah rumah anda merupakan rumah ramah lingkungan?
Cobalah alokasikan 30% dari luas lahan untuk di tanami berbagai tanaman. sifat tanaman yang menghisap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara di lingkungan sekitar rumah. selain itu ruang hijau ini bisa berfungsi sebagai area resapan air karena area yang banyak di tumbuhi tanaman akan banyak menyerap air.
Rumah ramah lingkungan banyak memiliki bukaan untuk sirkulasi udara agar selalu mendapat pasokan udara bersih. rumah dengan desain seperti ini memberikan dua keuntungan, yakni meningkatkan kualitas kesehatan si penghuni dan juga hemat energi.
Selain itu, rumah dengan konsep ini banyak memanfaatkan sinar matahari untuk pencahayaan. prinsipnya memaksimalkan terang nya dan mengurangi terik nya. karena itu sedapat mungkin setiap bagian dari rumah mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup. sementara untuk mensiasati terik matahari bisa membuat kanopi tiap jendela.
Ciri lain rumahramah  lingkungan  bagian atap nta datar dan menggunakan lansekap atau biasa di sebut Green Roof / Roof Garden, Green Roof selain bisa difungsikan sebagai taman juga dapat menurunkan suhu panas di dalam rumah.
Belum cukup itu saja, dinding-dinding rumah juga ditanami tanaman rambat (green wall), alhasil rumah semakin cantik. radiasi sinar mataharipun diserap tanaman dan gas polutan di olah tanaman menjadi oksigen.
sebuah penelitian menyebutkan, bila tanaman di bagian atap tingginya 10cm saja maka akan mengurangi penggunaan AC sekitar 25%

1 komentar: