Minggu, 06 Januari 2013

FASAD, Muka Sebuah Bangunan (2)

B. CERMIN SEISI RUMAH
   Dalam bahasa arsitektur, bagian muka atau wajah bangunan disebut fasad. sebagai wajah ia mewakili penampilan bangunan dari luar yang bisa dinikmati oleh siapapun yang melewati bangunan tersebut. sementara sebagai suatu bentuk wajah bangunan yang mewakili penampilan bangunan, fasad bisa menjadi cermin dari si pemilik rumah. hal ini disebabkan pengolahan fasad suatu rumah tergantung keinginan dari si pemilik.
   Bicara mengenai fasad, saat ini terdapat dua pemahaman dalam perancangan desain fasad. pertama, fasad dipahami sebagai kulit yang terpisah dari isi bangunan. sementara itu, ada yang memahami fasad sebagai sesuatu yang mewakili keseluruhan karakter bangunan. bagi penganut fasad sebagai kulit, desain nya begitu bebas, mengabaikan filosofi dan fungsi dalam bangunan. desainer malakukan beragam eksperimen melalui pencarian yang eksploratif.
sementara mereka yang memegang kesatupaduan antara kulit dan isi bangunan memaknai fasad sebagai sesuatu yang lahir dari dalam. tepatnya lagi, fasad merupakan sesuatu yang lahir sebagai cerminan ekspresi pemilik bangunan.
  Layout ruang dalam tercermin pula dalam kulit bangunan. dengan kata lain, tampilan luar adalah hasil eksekusi dari apa yang ada di baliknya.]


Segaralah hubungi kami Rafa Desain, Jasa Desaign Rumah Murah yang berkualitas.

1 komentar: