Jumat, 28 Desember 2012

Fasad Minimalis

Fasad atau Facade artinya bagian muka dari suatu bangunan .fasad sebagai kulit bangunan atau fasad sebagai jiwa bangunan, keduanya merupakan bagian dari penerapan fasad dalam perkembangan desain dan tren arsitektur, seluruhnya memunculkan keberagaman wajah bangunan sehingga menunjang kegairahan berarsitektur secara progresif.
fasad seperti hal nya dengan wajah seseorang, mungkin bukan hal yang paling utama dalam sebuah desain, tapi didalam nya jelas terkandung kepentingan desain yang  esensial dan bernilai. fasad yang bergaya minimalis atau kadang bisa di kategorikan gaya modern banyak terdapat di kota-kota besar yang tingkat efektifitas penggunaan nya tinggi.
bangunan rumah dengan gaya ini  memiliki ciri-ciri fasad antara lain:
  • menggunakan garis-garis vertikal sederhana, variasi kotak, permainan bidang, serta penataan ruang yang praktis dan lapang.
  • menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok, misalnya silver, abu-abu hitam, putih, dan pastel
  • adanya permainan pada permukaan dinding, misalnya gubahan geometri dan penggunaan material
  • mengurangi hal-hal yang bersifat ornamental dengan tujuan menyederhanakan karakter bangunan
  • pintu dan jendela rata, lurus, dan tanpa ornamen sehingga matahari leluasa masuk kedalam rumah.
Arsitektur modern minimalis sebenarnya mengikuti prinsip form follow function atau bentuk mengikuti fungsi, artinya bentuk-bentuk yang tidak perlu harus dihilangkan. namun, di indonesia didapati hiasan-hiasan yang masih banyak digunakan. hal ini bisa dipahami mengingat kebudayaan indonesia yang kaya akan hiasan .
minimalisme telah menjadi sebuah gaya arsitektur yang berdiri sendiri. kadang-kadang gaya minimalis dianggap sebagai istilah pengganti untuk arsitektur modern.

Sumber : Griya Kreasi

Segera hubungi kami Rafa Desain, Jasa Desain Rumah Murah yang berkualitas.

1 komentar: